Tulisan ini cukup panjang dan telah dibagi dalam beberapa halaman.

« Prev. PageNext Page »

Print Friendly

Tunggu… apa itu uniGUI?

image

Berikut kutipan dari website resminya, saya terjemahkan secara bebas.

Untuk koneksi dengan database, lihat Creating Web Application Using UniGUI, Zeos & MySQL.

uniGUI (unified Graphical User Interface) adalah sebuah framework untuk mengembangkan aplikasi web berbasis AJAX dalam lingkup WYSIWYG di Delphi secara RAD (Rapi Application Development).  Komponen-komponennya yang unik menjembatani antara aplikasi dekstop dan aplikasi web.

Mengembangkan aplikasi web yang stateful (menyimpan view dan kondisi user, tanpa perlu meload ulang saat terjadi pertukaran data) adalah satu tantangan dalam pengembangan software. Task-task seperti membuat dan menangandi session per user, mencatat kondisi dan view, mengupdate kontrol-kontrol web, menangani AJAX, dsb., dapat menjadi tantangan besar jika tool pengembangan yang Anda gunakan tidak melakukannya secara otomatis untuk Anda. Framework aplikasi web uniGUI membuat pengembangan aplikasi web yang stateful benar-benar mudah daripada sebelumnya.

uniGUI memperluas pengalaman pengembangan aplikasi web ke dimensi yang baru. Setiap aplikasi uniGUI dapat menjadi aplikasi web, aplikasi desktop, atau bahkan menjadi keduanya pada waktu (runtime) yang sama. Fitur ini tentunya mempermudah proses pembuatan, tes dan debug aplikasi web semudah melakukannnya pada aplikasi desktop. Ingat, Anda tentu saja dapat membuat aplikasi dengan uniGUI yang ditujukan untuk web.

Jadi itu salah satu fitur unik uniGUI, kemampuan untuk menggunakan satu basis kode dan resource untuk membuat aplikasi baik berbasis desktop maupun web.

- www.unigui.com -

Begitulah. Mari kita lihat fitur-fitur yang ditawarkan:

      • GUI yang sama untuk desktop maupun Web.
      • Satu basis kode untuk Desktop maupun Web.
      • Berdasar pada framework standar industri, Ext JS cross-browser JavaScript library.
      • Pembungkusan Ext JS dibuat dengan library ExtPascal. (ExtPascal self-translates Pascal objects to Ext JS JavaScript objects).
      • Membuat aplikasi web yang stateful.
      • Dukungan lengkap pada IDE mulai membuat projek, mendesain form dan penanganan data module.
      • Pengangan event dengan gaya Delphi.
      • Scripting di sisi klien yang telah dikembangkan.
      • Modul data Delphi per sesi user ditangani secara otomatis. Tiap user akan melihat data yang berbeda-beda.
      • Beragam opsi pengembangan: Aplikasi desktop Windows, aplikasi web ISAPI, Standalone Web application dan Windows Service Web application.
      • Mendukung banyak versi Delphi.
      • Tema GUI yang sudah didukung secara internal (untuk aplikasi web).

Kita akan mulai dengan membuat sebuah aplikasi sederhana, katakanlah aplikasi Hello World. Pertama, kita mesti memiliki Delphi yang kompatibel dengan uniGUI. Disebutkan di website resminya www.unigui.com, versi yang didukung adalah Turbo Delphi Pro, Delphi 2006, Delphi 2007, Delphi 2009, Delphi 2010 dan Delphi XE. Tidak disebutkan tentang dukungan terhadap Delphi XE2, tapi saya yakin nantinya juga akan didukung. Saya sendiri menggunakan Delphi 2009, jadi ke depan sepanjang tulisan ini, saya menganggap Anda juga menggunakan Delphi 2009.

Anda dapat mendownload uniGUI sebagai langkah awal ini. Saat tulisan ini dibuat, hanya versi beta (v0.86.0.889) yang tersedia, dirilis pada tanggal, 4 Agustus 2011.

Berikut, kita mulai dengan instalasi uniGUI.

 

Page : 1 2 3 4 5 6 7 ALL

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Pages: 1 2 3 4 5 6 7